STRATEGI PROMOSI


STRATEGI PROMOSI

Mata Kuliah: Manajemen UMKM

 






Disusun Oleh :
1.      Windy Vinorika Yuli Astuti              (212418)            


 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM/MBS
TAHUN 2015



A.    Strategi Promosi
Promosi merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Promosi juga sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Oleh karena itu strategi promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada empat yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan, serta publisitas dan hubungan masyarakat. Promosi dapat membantu memperkenalkan suatu produk baru atau menghidupkannya sepanjang waktu dengan memperkuat pesan dan citra periklanan serta menciptakan daya tarik antara merk dan konsumen.[1]

B.     Periklanan
Iklan adalah segala bentuk penyajian informasi dan promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh sponsor untuk menawarkan ide, barang, atau jasa. Iklan dibuat menarik perhatian dan mudah diingat dengan tujuan untuk mempengaruhi orang agar membeli barang atau jasa tertentu. Jenis iklan banyak ragamnya karena bentuk penyajian iklan berupaya mencapai tipe khalayak yang demikian banyak. Menurut jenisnya iklan diklasifikasikan sebagai berikut:
1.      Iklan bergambar
2.      Iklan eceran atau lokal
3.      Iklan respon langsung
4.      Iklan antarlembaga
5.      Iklan pelayanan umum
6.      Iklan interaktif.[2]

C.    Personal Selling
Personal selling adalah proses penyampaian informasi kepada konsumen dan membujuk mereka agar membeli produk melalui komunikasi pribadi. Dengan personal selling pemasar atau wiraniaga mempunyai keleluasaan untuk menyesuaikan pesan guna memenuhi kebutuhan konsumen pada informasi.[3]
D.    Promosi Penjualan
Promosi penjualan adalah suatu aktivitas dan/atau materi yang berfungsi sebagai persuasi langsung, yang menawarkan nilai tambah suatu produk kepada penjual atau konsumen. Promosi penjualan meliputi berbagai sarana promosi yang  didesain untuk memotivasi respons pasar lebih awal. Promosi penjualan dapat berupa promosi konsumen, seperti contoh produk, kupon, potongan harga, dan sebagainya. Promosi perdagangan seperti produk gratis, keringanan hrga pembelian, dan sebagainya.[4]


DAFTAR PUSTAKA




[1] Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta, Liberty Offset Yogyakarta, 2002, hlm. 222.
[2] Mas’ud Machfoedz, Kewirausahaan : Metode, Manajemen dan Implementasi, Yogyakarta, BPFE-YOGYAKARTA, 2005, hlm. 123.
[3] Ibid., hlm
[4] Ibid., hlm.

Comments

Popular posts from this blog

PENGUKURAN KERJA

ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI PADA PT ULTRAJAYA MILK INDUSTRY & TRADING COMPANY Tbk. (ULTJ)

ANALISIS MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI BISNIS SYARIAH PADA PERUSAHAAN “COKELAT MONGGO” YOGYAKARTA